Minggu, 10 Oktober 2010

Hacker Bukan Cracker

Log In, Hack In, Go Anywhere, Steal Anything. Ini adalah sebuah ungkapan yang terpampang jelas di sampul VCD yang berjudul Swordfish. Swordfish adalah salah satu film tentang seorang Hacker keluaran Hollywood pada tahun 2001. Dalam film Swordfish ini diceritakan bagaimana seorang veteran hacker yang bernama Stanley Jobson (diperankan oleh Hugh Jackman) sangat tergiur oleh tawaran Ginger (diperankan oleh Halle Berry) atas perintah Gabriel Shear (diperankan oleh John Travolta). Stanley Jobson menerima tawaran dari Ginger untuk membobol keamanan computer sebuah bank Central karena kala itu Jobson kehidupannya sedang berada pada posisi kehancuran dalam artian ekonomi Jobson Nyaris bangkrut. Shear yang memanfaatkan keahlian Hacking dari seorang Jabson akhirnya Shear berhasil memindahkan sejumlah nominal uang secara digital dari satu bank ke beberapa bank lainnya di dunia.

Ternyata, apa yang di gambarkan dalam Film Hollywood di atas telah merubah arti sebenarnya dari kata Hacker, Sebutan Hacker pada film Swordfish identik dengan seorang yang bertangan dingin dalam mengutak atik Program computer dan melakukan upaya-upaya penerobosan pada system computer tanpa otorisasi yang sah dengan tujuan untuk mengambil atau mencuri sesuatu. Istilah yang tepat untuk profesi seorang jobson pada film Swordfish adalah Cracker bukan hacker.

Banyak sekali Film Hollywood yang salah mengartikan makna istilah Hacker. Yang pada akhirnya menjadi salah satu penyebab nilai buruk bagi istilah hacker. Perlu di ketahui Bahwa Hacker bukan Cracker dan Hacker tidak sejahat yang kalian Pikirkan, tanpa Hacker mungkin tidak akan ada Teknologi Internet, hacker lah yang membuatnya menjadi ada dan cracker lah yang membuat keadaannya menjadi tidak aman. Jadi, jelas sangat berbeda antara Hacker dan Cracker karena Hacker bukan Cracker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar